Tuesday, November 18, 2014

Bakpao Chik Yen Asli Surabaya


Stand Chik Yen di Jalan Kedung Cowek
Foto oleh: D. Indah Nurma

Seperti yang kita tahu bahwa bakpao adalah makanan tradisional dari Tiongkok. Bakpao sendiri terdiri dari dua kata, yaitu 'Bak' yang artinya daging babi dan 'Pao' yang artinya bungkusan. Jadi kue yang diserap dari bahasa Hokkian ini berarti bungkusan berisi daging. Menurut wikipedia, bakpao adalah baozi yang berisi daging babi tersebut. Di Indonesia sendiri bakpao dikenal masyarakat dengan berbagai varian isian. Sebenarnya kue yang dikukus seperti itu disebut baozi dan bakpao adalah salah satu jenisnya saja.

Tak terkecuali di Surabaya, bakpao sudah sangat umum di telinga masyarakat. Apalagi dengan merk Chik Yen. Saya mengenal Bakpao Chik Yen ini sendiri sejak saya masih kecil karena pembuatannya ada di dekat rumah saya. Chik Yen ini dijual keliling dengan gerobak dan stand pinggir jalan. Awalnya saya kira Chik Yen hanya ada di Surabaya, ternyata sudah merambah di kota-kota besar lainnya di Indonesia yang semuanya dikirim dari Surabaya. Varian isi dari bakpao ini adalah kacang hijau, ayam, kacang tanah, keju susu, starwberi, coklat, dan kacang putih. Bakpao Chik Yen yang degan jargonnya 'Asli Lho!' ini sebenarnya tidak asli karena sama sekali tidak menjual yang isi daging babi, hehe. Bahkan pada tahun 2004 mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Menurut penilaian saya Chik Yen ada ding angka 10 dari 10 poin. Rasanya itu lho tidak terlalu manis di rotinya, lembut, dan empuk. Sangat istimewa apalagi saat masih hangat. Saya tidak pernah merasakan baozi yang enak selain Chik Yen. Varian yang saya sukai adalah ayam, kacang hijau, dan keju susu. Saat memakannya cobalah untuk membelahnya jadi dua dan cium aromanya, pasti kalian akan merasakan bahagia sepertiku, haha. Untuk harganya berkisar antara 3.500 sampai 5.500 rupiah. Tapi entahlah setelah harga bahan bakar minyak kembali naik. 
Bakpao/Baozi Chik Yen rasa Ayam, Keju Susu, dan Kacang Hijau
Foto oleh: D. Indah Nurma


No comments:

Post a Comment